Advertisement

Bantu kami dalam membangun Blog ini dengan mengklik Iklan dibawah. 1 Klik saja sangat berarti bagi kami. Terima Kasih











Jumat, 30 Desember 2011

Gajah Takut Semut Ketimbang Tikus

Benarkah gajah takut dengan semut ketimbang tikus? Demikian pertanyaan menggelitik yang memancing peneliti menelusuri kebenaran itu. Menurut cerita versi kartun Disney, gajah takut tikus karena hewan pengerat itu meneror hati sang gajah. Tapi, sebenarnya musuh utama gajah itu bukan tikus melainkan hewan
yang lebih kecil dari tikus yaitu semut.



Para peneliti menemukan bahwa semut merupakan  hal yang
menakutkan pada kehidupan gajah. Gajah-gajah di savana Afrika selalu menjauh dari pohon karena takut  semut di tumbuhan itu akan merangkak ke belalainya


Dr Todd Palmer dari the Mpala Research Centre di Kenya dan the University of Florida mengatakan "hal itu sungguh menyerupai cerita David dan Goliath."

"kelompok kerumunan semut yang memiliki berat 5mg tiap ekornya mampu  melindungi pohon dari binatang yang miliaran kali lebih besar," ujar Dr palmer."Ini contoh tentang mahluk kecil itu punya peran di dunia,"

Ketakutan gajah dengan tikus telah lama menjadi kisah utama serial Dumbo, kartun klasik Disney era 1940-an. Seiring sejalan, para pakar mempertanyakan kebenaran ketakutan gajah terhadap tikus. Sedangkan cerita ketakutan gajah dan semut berawal dari riset yang dilakukan Palmer dan koleganya ketika keduanya melihat beberapa ekor gajah berlari menghindari pohon Akasia. Ketakutan gajah yang disaksikan Palmer saat itu ibarat anak-anak yang lari ketika disodori sayuran hijau brokoli.


“Sepertinya gajah tidak menyukai gerombolan semut masuk ke dalam belalainya. Perlu anda tahu, belalai gajah merupakan organ yang luar biasa. Namun, gajah tak berani menggunakan belalainya untuk menghancurkan koloni semut,” ujarnya.

Berangkat dari temuan itu, Palmer menyimpulkan koloni semut telah membantu mencegah penggundulan hutan dan melindungi tanaman langka di Afrika.”Masalah utama hutan di Afrika Timur adalah perusakan yang dilakukan gajah, Karena itu pula gajah banyak diburu dan dibunuh,” ujarnya.

Sumber:
http://iples.wordpress.com
http://www.antaranews.com

3 komentar:

Comment please and Don't promote your blog in this comment OK! ;)

Hi guys.. welcome to my blog. In this blog available information for you. hopefully it is useful
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Backlink