Advertisement

Bantu kami dalam membangun Blog ini dengan mengklik Iklan dibawah. 1 Klik saja sangat berarti bagi kami. Terima Kasih











Kamis, 09 Februari 2012

Dibalik 9 Nyawa Kucing


Kucing punya 9 nyawa? bener ga sih? Nah, mungkin itulah pertanyaan yang ada dibenak kalian. Dipostingan saya kali ini, saya akan membahas tentang 9 nyawa kucing. Entah kenapa saya ingin membahas tentang ini. Apakah ini Fakta/Mitos? tak ada yang tahu, yang tau hanyalah Allah SWT. sebagai pencipta kita semua. Tapi jika anda penasaran dan tidak sabar ingin tahu tentang asal usul kenapa kucing disebut mempunyai 9 nyawa, mari kita ulas. Nih dia asal usulnya ^_^

Asal-Usul

Kucing mendapat predikat sebagai makhluk yang memiliki 9 nyawa tak lain dan tak bukan adalah karena kucing memiliki berbagai kemampuan yang mampu membuat kita, makhluk dengan dua kaki, kagum dengan kehebatannya.

Kucing memiliki
penglihatan yang tajam, sanggup melihat dalam gelap. Kucing juga mampu bergerak hampir tanpa suara, menjangkau tempat yang sulit dijangkau, dan menyelinap layaknya seorang ninja.

Tapi dari semua itu yang paling mengagumkan orang jaman dahulu adalah refleks yang dia tunjukkan saat makhluk ini jatuh.


Kucing memiliki insting yang tajam. Sejak dulu orang terbiasa melihat kucing yang jatuh dari pohon, dilempar dari jendela rumah, jatuh dari gedung tinggi, ataupun dengan sengaja melompat dari tempat yang tinggi tapi masih kuat untuk berjalan bahkan berlari.


Bila dilihat dari sejarahnya, Eropa pada abad pertengahan adalah jaman yang kurang "enak" bagi kucing. Banyak orang begitu membenci kucing hingga tak segan-segan membuang kucing ke luar jendela jika ada yang masuk ke rumah. Nah, orang seringkali terheran-heran melihat hampir semua kucing tidak mengalami luka yang berarti. Dari sinilah mitos kucing memiliki 9 nyawa muncul.

Kenapa harus sembilan nyawa?

Tidak ada yang tahu pasti kenapa angka 9 lah yang dipakai, tapi kita semua tahu bahwa angka 9 sendiri sering diyakini memiliki arti yang mistis dan seringkali dihubungkan dengan hal-hal gaib. Misalnya: 999, nine-tail, etc.

Pendapat lain mengatakan angka 9 berasal dari sejarahnya dalam kebudayaan mesir. Sekelompok dewa Mesir pada masa lampau bernama Dewa Ennead dijuluki The Nine. The Nine ini merupakan ciptaan dari satu dewa yang bernama Atum-Ra, yang memiliki 9 jiwa dalam satu tubuh. The Nine akan berubah terlebih dahulu menjadi bentuk kucing sebelum mengunjungi alam kematian.

Atum-Ra adalah dewa yang banyak dipuja orang-orang Mesir, karena itu kucing di Mesir pada masa lampau dianggap sebagai hewan yang suci.
Kebiasaan memuja kucing ini terbawa sampai ke Eropa. Kucing pun dianggap sebagai hewan yang mistis.

Saat ini, kucing tidak lagi dianggap sebagai hewan yang mistis, tetapi kemungkinan dari sinilah mitos 9 nyawa kucing berasal.

Ada cerita sedikit nih tentang kucing...

Festival Kucing di Belgia.

Ada sebuah cerita rakyat dimana seorang raja Belgia bernama Raja Baldwin III melempar kucing keluar dari menara. Kejadian ini dipercaya terjadi sekitar tahun 900 Masehi. Kucing yang dilempar keluar ternyata selamat setelah menghadapi ketinggian yang tak lazim itu.

Sejak saat itu muncullah tradisi "Cats Festival" dimana kucing dilempar dari atas menara setinggi 70 meter setiap tahunnya. Tidak pernah ada kucing yang tewas, semua kucing selamat dan bahkan langsung melarikan diri begitu mendarat. Kucing hidup digunakan hingga tahun 1817, sekarang penduduk lokal telah menggantinya dengan boneka kucing.

Gimana.. sekarang sudah tahukan tentang asal usul kucing dianggap memiliki 9 nyawa. Semoga info ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian. Amin.

0 Comment...:

Posting Komentar

Comment please and Don't promote your blog in this comment OK! ;)

Hi guys.. welcome to my blog. In this blog available information for you. hopefully it is useful
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Backlink