Advertisement

Bantu kami dalam membangun Blog ini dengan mengklik Iklan dibawah. 1 Klik saja sangat berarti bagi kami. Terima Kasih











Rabu, 01 Februari 2012

Procom Samurai

 

Jika rajin menyimak, Anda akan dapati kalau InfoKomputer banyak membahas notebook thin-and-light. Maksudnya, notebook berbobot sekitar 1,5 kg dengan desain yang tipis dan langsing.


Ada MSI X-Slim, Acer Timeline, BenQ Joybook S43, sampai Zyrex Sky. Namun meski berbeda merek, semua notebook tersebut memiliki satu kesamaan: sama-sama menggunakan prosesor Intel CULV.


Karena itulah kehadiran Procom Samurai terasa unik. Pasalnya, notebook 11,6 inci menggunakan prosesor yang berbeda, yaitu AMD Sempron 210U. Prosesor ini memiliki satu inti dengan kecepatan 1,5 GHz dan L2 cache 256KB. Mengingat prosesor Intel CULV kecepatannya berkisar antara 1,3GHz sampai 1,4GHz, kecepatan Sempron 210U praktis di atas CULV; namun itu di atas kertas. Seperti bisa Anda lihat di tabel hasil pengujian, performa Samurai ini masih kalah dibandingkan Zyrex Sky 2712 yang menggunakan Intel Core 2 Solo U2700 (1,3GHz, L2 cache 2MB). Namun jika dibanding netbook, performa Samurai tetap lebih baik.

Biar kalah performa, prosesor AMD memiliki satu kelebihan: harganya yang murah. Inilah yang menjelaskan mengapa harga Samurai terasa terjangkau, yaitu Rp. 4,5 juta. Harga ini memang belum termasuk sistem operasi. Namun jika Anda memasang Windows 7 Basic yang harganya US$ 125, Procom Samurai masih lebih murah dibanding Zyrex Sky 2712 (yang harganya Rp. 6 juta).

Fasilitas notebook ini sendiri cukup lengkap. Untuk konektivitas, tersedia WiFi, Bluetooth, dan Ethernet. Sementara untuk terhubung ke perangkat lain, tersedia 3 port USB dan HDMI. Notebook ini juga dilengkapi dengan Express Card, card reader, serta webcam. Namun seperti kebanyakan notebook tipis, Samurai tidak memiliki perangkat optik.

Tampil dengan balutan warna hitam pekat, penampilan notebook ini terlihat gagah. Bahan plastik yang digunakan sebagai casing juga terasa kokoh, terbukti saat kami tekan punggung layar dan tidak terlihat gelombang di layar. Namun kami mendapati kalau keyboard-nya sedikit menggelembung di bagian tengah, menandakan fabrikasi akhir yang kurang rapi. Untungnya kekurangan ini tidak mengurangi kenyamanan saat mengetik, yang juga banyak terbantu ukuran tombol keyboard yang cukup lebar (1,9x1,9 cm).

Yang juga menarik, suara yang dihasilkan sistem pendingin notebook ini terbilang hening. Ketika kami memberi sistem beban penuh sehingga kipas berputar di kecepatan tertinggi, suara yang dihasilkan tetap lirih terdengar.
***

Procom Samurai boleh dibilang berada di antara netbook dan notebook ringan. Dari ukuran layar dan performa, notebook ini lebih baik dari netbook namun masih kalah kelas dibanding notebook thin-and-light. Namun ini sejalan dengan harganya yang juga berada di antara netbook dan notebook. Jadi jika Anda mencari produk di antara netbook dan notebook, Procom Samurai adalah pilihan yang pas. (Wisnu Nugroho)

 Spesifikasi Procom Samurai
Prosesor
AMD Sempron 210U
 (1,5GHz, 256KB L2 cache, FSB ??MHz)
Memori
2GB DDR2-800 (1 dari 4 slot)
Chipset
AMD M690
Kartu Grafis
ATI Mobility Radeon X1250-700MB
Harddisk
160GB, 5400rpm, IDE
Optical drive
Tidak ada
Fasilitas
WiFi b/g/n, Bluetooth, Ethernet, USB (3x), Express Card, HDMI, webcam, card reader
Layar
11,6 inci, 1366x768 pixel
Kartu suara
Realtek ALC888
Sistem Operasi
Linux
Baterai
4400 mAh
Dimensi
29,8 X 21,1 X (3,2 - 3,4) cm
Bobot
1,44 kg
Garansi
1 tahun
Situs Web
www.procom-mart.com
Harga kisaran*
Rp. 4,5 juta
*PT. Khatulistiwa Jayasakti, (021) 633-9360

Sumber::: www.infokomputer.com

1 komentar:

Comment please and Don't promote your blog in this comment OK! ;)

Hi guys.. welcome to my blog. In this blog available information for you. hopefully it is useful
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Backlink