Advertisement

Bantu kami dalam membangun Blog ini dengan mengklik Iklan dibawah. 1 Klik saja sangat berarti bagi kami. Terima Kasih











Minggu, 04 Maret 2012

Galaksi Bima Sakti Punya Planet Pengembara

Para astronom mengatakan galaksi bima sakti dipenuhi planet pengembara yang berkelana di luar angkasa, bukan mengorbit pada satu bintang. Dikabarkan jumlah planet nomaden ini ada lebih banyak dibandingkan jumlah bintang.



Seperti yang dilansir Voice of America, Minggu (26/2/2012), satu tahun lalu, astronom mendeteksi planet nomaden ini dengan menggunakan teknik yang disebut "gravitational microlensing", yaitu mengamati kecerahan dan cahaya dari bintang yang ditimbulkan oleh gravitasi planet-planet yang melewatinya.

Saat itu, ilmuwan memperkirakan ada dua planet nomaden seukuran Jupiter di setiap bintang dengan planet-planet yang mengorbit padanya.

Sebuah analisis baru oleh para peneliti di Institut Kavli, Particle Astrophysics dan Cosmology di Standford University California, kini memperkirakan ada sekira 100 ribu kali lebi banyak planet nomaden ketimbang bintang.

Lous Strigari, ilmuwan dari Kavli yang memimpin studi tersebut memperhitungkan tarikan gravitasai pada galaksi bima sakti dan menjumlah zat kosmik atau material yang membentuk planet nomaden.

"Kami membayangkan bahwa populasi dari lusinan planet pengembara atau benda nomaden yang kini terungkap, hanya seperti halnya puncak gunung es, yaitu menunjukkan sebagian kecil dari apa yang sebenarnya terjadi di luar sana, di dalam galaksi kita." ujar Strigari.

Strigari mengatakan, meskipun planet nomaden tidak terkena sinar matahari kemungkinan planet nomaden ini dapat dihuni oleh bakteri.

Dia juga menerangkan bahwa ada kemungkinan dua planet nomaden dapat berbenturan satu sama lain, sehingga membuat puing-puing  yang mengandung bakteri bisa terlontar ke tata  surya lain.

Para astronom berharap untuk bisa mengkonfirmasi sejumlah planet nomaden ini pada dekade berikutnya, ketika dukungan dari peralatan telah semakin memadai, seperti teleskop luar angkasa yang berbasis Wide-Field Infrared Survey dan teleskop Large Synoptic Survey yang diusulkan oleh NASA mulai beroperasi.

Artikel karya Louis Strigari dan rekannya perihal planet nomaden, telah diterbitkan di jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society.

0 Comment...:

Posting Komentar

Comment please and Don't promote your blog in this comment OK! ;)

Hi guys.. welcome to my blog. In this blog available information for you. hopefully it is useful
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Backlink