Advertisement

Bantu kami dalam membangun Blog ini dengan mengklik Iklan dibawah. 1 Klik saja sangat berarti bagi kami. Terima Kasih











Rabu, 18 April 2012

Alasan Dokter Bedah Memakai Pakaian Warna Hijau

Kenapa sih dokter bedah memakai pakaian warna hijau? hmm mungkin itu pertanyaan yang terlintas di benak anda. Saya pun penasaran dengan hal itu. Saya mencari dari berbagai sumber, merangkumkannya dan akan saya postkan di blog. Nah di postingan kali ini saya akan membahas tentang itu, kebetulan juga Detective Conan volume 66  pun kasusnya berkaitan dengan hal ini. heheh nambah 1 artikel untuk label "About Conan". Oke kita langsung saja ke topik permasalahan.


Awalnya Dokter Bedah menggunakan pakaian yang berwarna putih. Karena warrna itu melambangkan kebersihan. Tapi ada seorang dokter yang merasa tidak nyaman menggunakan warna tersebut. Dia lebih memilih warna hijau karena katanya warna hijau itu lebih nyaman untuk dilihat. Karena alasan yang sangat sesederhana ini, warna hijau menjadi warna populer pada saat ini.

Sebenarnya warna hijau memang cocok bagi dokter untuk melihat lebih baik didalam ruang pembedahan. Kenapa? karena warna hijau adalah lawan dari warna merah. Saat dokter bedah sedang melakukan pembedahan, mereka akan sering melihat darah yang berwarna merah. 

Hal itu akan membuat konsentrasi sang dokter terganggu karena akan menimbulkan ilusi noda dimana ketika seseorang terus-terusan melihat warna merah maka akan menyebabkan ilusi warna berwarna hijau di latar yang berwarna terang atau putih.

Selain itu, jika melihat warna merah secara terus menerus bisa menyebabkan sinyal warna merah di otak memudar sensifitasnya terhadap variasi warna merah.

Nah, gimana  rangkumannya cukup jelas ga? hmm kalo seandainya dokter bedah ga memakai pakaian berwarna hijau pasti sang dokter akan terkena ilusi noda dan konsentrasinya terganggu, wahh bisa salah potong nanti hehe.

Conan pun beralasan sama saat menjelaskannya pada sang pelaku
"Masa tidak tahu, Menurutmu mengapa dokter bedah mengenakan pakaian berwarna hijau muda? Itu karena dokter bedah terlalu lama melihat darah yang berwarna merah. Jadi bajunya dibuat berwarna hijau untuk mengalihkan konsentrasi mata" Chapter 686
 Ok, sampai disini dulu yaa, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian semua :)

Berbagai Sumber


JANGAN LUPA BERIKAN KOMENTAR ANDA

6 komentar:

  1. betul banget bro, dan juga kalau pakai baju warna putih saat proses pembedahan, bisa kotor baju-nya. kena darah dan sebagai-nya, kan sayang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul bgt tuh. laundri kan mahal :D

      Hapus
  2. ternyata gara-gara lawannya warna darah ya :D

    BalasHapus
  3. yupyup Ishma juga baca yyang chapter itu! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh keren2, Ishma fans conan juga ternyata :D

      Hapus

Comment please and Don't promote your blog in this comment OK! ;)

Hi guys.. welcome to my blog. In this blog available information for you. hopefully it is useful
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Backlink