Advertisement

Bantu kami dalam membangun Blog ini dengan mengklik Iklan dibawah. 1 Klik saja sangat berarti bagi kami. Terima Kasih











Jumat, 24 Februari 2012

Manfaat Mengoceh Untuk Bayi

Anda pasti pernah mendengar ocehan-ocehan bayi????

Apakah anda merasa terganggu karenanya??

Semoga tidak?, karena mengoceh adalah kebutuhan serta bermanfaat bagi sang bayi.
Tahukah anda bahwa bayi anda adalah ahli komunikasi yang hebat, dan kitapun mengerti bahwa bayi-bayi hebat itu tidak hanya sekedar bisa menunjuk-nunjuk namun juga bisa melakukan hal lainnya.


Sejak bulan pertama dari kehidupannya, kita sudah sering mendengar tangisan, gumaman dan tawa mereka. Kadang, cukup
terasa mengejutkan saat mengetahui puncak tangisan terjadi pada usia sekitar dua bulan dan akan menurun setelahnya. Seringkali pada bulan-bulan pertama mereka, kita mendengar serangkaian huruf hidup dari dalam tenggorokannya, misalnya ?i..i..i.?, ?a..a..a?, ?u?u?u? dan seterusnya. Akan sangat mengagumkan jika kita menanggapi hal ini, semua hal yang dikeluarkan oleh tubuh, seakan-akan mereka adalah bagian dari sebuah ?percakapan?.

Kita bahkan telah meyakinkan diri kita sendiri, walaupun berlawanan dengan kenyataannya, bahwa mereka itu memiliki kontribusi yang berarti dan setiap suara yang berbeda menandakan kondisi tubuh bayi yang berbeda (seperti, lapar atau mengompol).

Sekitar usia tujuh bulan, bayi meraih keberhasilan berikutnya, yaitu mereka mulai mengoceh.  Huruf mati pertama (seperti, ga?ma...,ta...,pa?) terjadi pada saat bayi mengatupkan bibirnya dan memutuskan untuk mengeluarkan suara pada saat yang bersamaan. Orangtua menyadari bahwa suara itu mirip dengan sebuah percakapan. Seringkali bayi-bayi tersebut mengucapkan percakapan yang hanya dimengerti oleh mereka sendiri (contoh: ?ta..ta..ta pa..pa..pa..ma???).

Dan pada akhir tahun pertama anak-anak kita sepertinya sering mengoceh. Walaupun mengoceh itu tidak ada artinya, tetapi ini adalah langkah penting bagi bayi dalam usaha menguasai rongga suara (larynx) dan volume masing-masing orang. Itulah sebabnya bayi sering kali berteriak atau berbisik, dengan melakukan hal itu mereka sebenarnya mulai mengenal cara kerja organ tubuh mereka.

Bayi memiliki beberapa cara yang cerdik untuk menunjukkan apa yang sebenarnya diinginkan. Walaupun dia tidak memiliki kata-kata untuk benda di sekitarnya, untuk mendapatkan apa yang diinginkannya, dia bisa melakukan mulai dari mengeluarkan suara terus menerus, menunjuk-nunjuk, menggeleng-geleng, meloncat, mencodongkan tubuh dan lain sebagainya.

Sudah jelas dia tidak akan mendapatkan apapun jika tidak memiliki orangtua atau pengasuh yang menghargai berbagai usahanya untuk berkomunikasi. Disinilah kita harus memainkan peranan dengan menghargai ?pesan? anak-anak kita seakan-akan apa yang diungkapkannya jelas dan mudah dipahami walaupun pada kenyataannya adalah sebaliknya.

Ingatkah anda, bagaimana ocehan pertama bayi anda?
Terkadang semua hal-hal indah yang dilakukan bayi sebelum kata pertamanya sering diabaikan  atau tidak mendapatkan tanggapan. Tahukah anda betapa banyak usaha anak kita dalam menganalisis bahasa sebelum mengucapkan kata pertamanya? Dan tahukah anda ketika anda mendengar ocehan-ocehan mereka bisa membuat anda awet muda?

Mulai sekarang sangat penting untuk mulai mendengar dan menanggapi ocehan bayi anda. 

Tersenyum ke bayi anda dan ikutlah mengoceh  bersama mereka.

0 Comment...:

Posting Komentar

Comment please and Don't promote your blog in this comment OK! ;)

Hi guys.. welcome to my blog. In this blog available information for you. hopefully it is useful
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Backlink