Subscribe:

Tips memilih setelah LULUS sekolah SMA mau kemana?

.
.
Hallo guys.. jumpa lagi dengan saya haha 
Oiya sebelumnya Selamat Menjalankan Ibadah Puasa yaa bagi umat muslim semuanya :)

"Aduh mau kemana nih setelah lulus?"
Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh teman-teman yang baru lulus sekolah menengah atas.

Dan yaa hari ini saya mau bahas seputar pertanyaan teman-teman yang sudah lulus sekolah (SMK/SMA/MA) dan masih bingung memilih untuk melanjutkan kuliah, mencari kerja atau bahkan menikah. Jangan terlalu terburu-buru untuk memutuskannya karena ini menentukan nasib kalian juga loh. Saya ingin berbagi tips agar pilihan kalian matang dan semoga bermanfaat.


1) Membuat Planning
Setelah kalian dinyatakan lulus oleh pihak sekolah, lebih baik kalian membuat planning dahulu atau buat planning sebelum pengumuman kelulusan tiba. Mengapa? karena ini membantu kalian agar lebih matang dalam memutuskan. Misalnya jika kalian ingin kuliah. Rencanakan kalian ingin kuliah dimana dan jurusan apa, aksesnya terjangkau tidak, biaya sesuai tidak dan jika tidak diterima bisa mencoba tempat kuliah yang kedua begitu juga jika kalian ingin bekerja. Kalian ingin melamar di PT. A, kalian liat prospek di PT tersebut seperti apa, gaji sesuai yang diharapkan atau tidak. Atau bahkan ada yang ingin usaha dan ingin menikah mungkin.

2) Mencari Informasi
Tak kenal maka tak sayang bukan? Ya, untuk memutuskan kita ingin kemana sebaiknya kita mengenal dulu tempat tujuan kita. Misal kita ingin kuliah di Universitas A, kita harus tahu bagaimana universitas itu, prestasi apa yang mungkin nanti anda bisa kembangkan disana dan begitu juga dalam mencari pekerjaan.

3) Meminta Saran Orang Tua
Memang pilihan adalah milik kalian akan tetapi alangkah baiknya kalian bertanya dan meminta saran kepada kedua orang tua kalian apakah pilihan kalian terbaik atau tidak. Setidaknya itu dapat membulatkan tekad kalian.

4) Meminta Doa Orang Tua
Setelah meminta saran kedua orang tua dan tekad kalian sudah bulat. Jangan lupa untuk meminta doa restu kepada kedua orang tua. Karena jembatan kesuksesan berada pada doa restu mereka.

5) Mencoba
Hari kelulusan pun tiba dan saatnya kalian mencoba mengikuti tes-tes seleksi universitas atau mencoba melamar pekerjaan. Jika kalian sudah mengikuti tes di tempat tujuan kalian tidak salahnya kalian mencoba mengikuti tes lain sebagai pilihan alternatif kalian

6) Berdoa
Hal terakhir setelah kalian sudah melakukan semuanya adalah berdoa. Minta kepada Allah agar apa yang kalian pilih merupakan yang terbaik buat kalian dan diberi kemudahan dalam prosesnya. Karena dengan doa pula dapat mempermudah jalan kalian.

Oke, sekian dari saya semoga bermanfaat yaa semua.

Nah, teman-teman sendiri ingin melanjutkan kemana?

1 comment:

  1. thanks gan, informasi yang bermanfaat untuk siswa2 yang akan tamat SMA

    ReplyDelete

Comment please and Don't promote your blog in this comment OK! ;)

Bantu kami dalam membangun Blog ini dengan mengklik Iklan dibawah. 1 Klik saja sangat berarti bagi kami. Terima Kasih






Hi guys.. welcome to my blog. In this blog available information for you. hopefully it is useful